Kontingen Bridge Indonesia untuk APBF Youth 2019 yang baru saja menyelesaikan pertandingan di Hotel Montien Bangkok 5-11 April 2019 akan kembali ke tanah air hari Jumat ini dan sampai di Jakarta malam ini sekitar jam 23.00. Kontingen yang dilepas secara resmi ini juga disambut secara resmi oleh Ketua Umum PB GABSI Miranda Goeltom, Waketum Ivan Pelealu, Sekjen Robert Sianipar, Ketua Komtek Joto Then dan Ketua Binpres Rustam Effendy di Bandara Soekarno Hatta. Kontingen APBF Youth Indonesia 2019 pulang dengan membawa Piala Xiang Huaicheng perhargaan tertinggi dalam piala kejuaraan untuk nomor Girls, serta medali perunggu untuk Piala Raymond Chow (nomor Junior) serta tambahan sebuah medali perak untuk APBF MP Pairs atas nama-nama Elsya Saktiningtyas-Hendrik Febriyanto. 

Tim Girls U26 Indonesia terdiri atas: 

Team Maneger: Pramudita Arismunandar
NPC: Robert Suseno
Fortina Mora Sibuea
Vila Rosa
Monica Ayu Triana
Fransisca Tri Martanti
Rachma Shaumi
Roro JoffaniTungga Dewi

 

Junior U26:
Team Maneger: Pramudita Arismunandar
NPC: Syahrial Ali
Pemain:
Elsya S. Ningtyas
Hendrik Febriyanto
Vichenzo Scyvo Nelwan
Jordy H. Moleong
Theddy Setiawan
Fajar Pangestu

 

Pada hari terakhir kemaren, Indonesia menambah koleksi satu medali perak dari nomor pasangan APBF Youth MP Pairs atas nama Elsya-Hendrik. Mereka kalah sangat dari pasangan Girls China Dragon Sport. Pasangan Lian Danhong - Wang Yuyang meraih skor 59,449%, sementara Elsya-Hendrik meraih 59.222%. Peringkat ke-3 diraih pasangan Japan So Matsumoto - Yoshitake Inoue dengan skor 58.774%.

 

Dalam sambutannya yang diliput TVRI dan iNews TV, Miranda menegaskan bahwa prestasi tim Girls U26 Indonesia adalah sesuatu yang membanggakan karena selama 4 tahun terakhir sejak dimulainya nomor Girls U26, China selalu memboyong piala ini. Ini adalah terobosan dari Indonesia. APBF Youth adalah juga kualifikasi kejuaraan dunia sehingga sebagai juara Indonesia lolos ke event yang akan digelar tahun 2020 tersebut. Prestasi  ini juga tidak boleh membuat kita lupa diri karena persiapan untuk kejuaraan dunia harus segera dimulai agar bisa berprestasi di tingkat yang lebih tinggi.

Sementara di nomor junior, Indonesia juga lolos ke kejuaraan dunia kendati dalamAPBF Youth kemaren hanya menempati peringkat ke-3 alias meraih medali perunggu. PB GABSI juga mulai memikirkan tim karena banyak anggota tim saat iniyang sudah melewati umur di tahun depan sehingga tidak bisa lagi memperkuat. Pemantauan pemaun harus dilakukan secepat mungkin agar bisa mempersiapkan tim lebih baik.

Para pemain dan official tim APBF Youth 2019 Indonesia merasa sangat tersanjung dengan penjemputan ini. Kebanggaan bisa mengharumkan nama bangsa menjadi sempurna dengan penghormatan yang mereka terima di tanah air. Secara berseloroh mereka mengatakan bahwa, "wah harus siapin kata-kata nih kalo diwawancarai...".

 

Berikut adalah Perolehan Medali APBF Youth 2019 (emas, perak, perunggu)

China 4,2,2

Indonesia 1,1,1

Thailand 1,0,0

Japan 0,1,1

Singapore 0,1,1

Hongkong 0,1,0

Chinese Taipei 0,0,1

 

Tim Girls Indonesia yang beranggotakan Fortina Sibuea-Vila Rosa, Fransisca Tri Martanti-Monica Ayu Triana dan Rachma Shaumi-Roro Jofani Tunggadewi dengan NPC Robert Suseno dan Team Manager Pramudita Arismunandar berhasil membawa pulang Piala Xiang Huaicheng (nomor Girls) yang selama 3 tahun terakhir selalu berada di China.

Dalam babak final yang merupakan dua tim terbaik babak penyisihan, Indonesia mengalahkan China Shanghai Cengyi sang juara bertahan dalam 3 segment dengan skor (52-24; 54-42; 33-32) dan carry over -12 imp sehingga totalnya kita menang: 139-110.

Untuk diketahui di babak penyisihan ketika dua kali ketemu Sanghai Cengyi, Tim Girls Indonesia mengalami 2x kekalahan total 36imp sehingga mereka mendapatkan carry over maksimal 12 imp. Namun carry over ini terlalu sedikit buat mereka karena mereka kalah jauh di final. Kemenangan ini seakan membalas kekalahan tim Junior Indonesia dari China sehingga menggagalkan Indonesia Juniors ke final kemaren sore.

Di nomor Junior, Tim Junior China terlalu kuat bagi Singapore sehingga mereka menyerah dengan skor 156-67imp. China juga memenangi nomor Youngster setelah mengalahkanJapan dengan skor 165-81imp. Di nomor Kids, terjadi final sesama China.

Berikut adalah para Juara Tim APBF Youth 2019

Junior U26

1. China

2. Singapura

3. Indonesia

Girls U26

1. Indonesia

2. China Shanghai Cengyi

3. China Dragon Sport

Youngster U21

1. China

2. Jepang

3. Singapura

Kids U16

1,2,3: China

Pasangan Imp

Di samping babak final, para peserta yang gagal melaju ke babak final memainkan pertandingan swiss pair dengan cross imp. Pertandingan diikuti oleh para pemain junior, girls, youngsters dan kids dari semua negara peserta yang digabungkan.

Dalam pertandingan dengan swiss sebanyak 17 ronde @3 papan yang diikuti lebih dari seratus pasangan tersebut pasangan junior tuan rumah Sahasan Leevorawat-Sararut Pranonsatid berhasil  menjadi juara dengan meraih 4756 imp. Tempat kedua diduduki oleh pasangan junior dari Hongkong Vinci Wan- Sam Tseng dengan 3661imp diikuti oleh peringkat ke-3 dari pasangan junior Taipei Li Shuo-Lin Chien Ya dengan 3575imp. Peringkat terbaik pasangan Indonesia adalah peringkat ke-13 pasangan kids dari Toar Manado atas nama Christofel Katiandagho-Angelica PT Rompas dengan skor 2267imp diikut oleh pasangan junior Fajar Pangestu-Thedy Setiawan di peringkat 15 dengan 2194imp.

 


Besok adalah nomor terakhir yakni pasangan top bottom dan dilanjutkan dengan upacara penutupan dan penyerahan medali untuk pemenang.

Tim Girls Indonesia dan Tim Junior U26 Indonesia berhasil lolos ke Kejuaraan Dunia Youth 2020 mendatang setelah menempati tiga besar di arena APBF Youth 2019 yang saat ini tengah berlangsung di Hotel Montien Bangkok. Dalam babak penyisihan double round robin, Regu Girls U26 Indonesua menempati peringkat pertama dan lolos ke babak final untuk berhadapan dengan peringkat ke-2 China Shanghai Sengyi yang meruapakan juara bertahan. Girls APBF 2019 diikuti oleh 8 negara. Sementara Indonesia Juniors harus puas meraih medali perunggu karena hanya menempati peringkat 3 babak kualifikasi yang diikuti oleh 9 negara tersebut.

Girls Indonesia yang beranggotakan Fortina Sibuea-Vila Rosa, Fransisca Tri Martanti-Monica Ayu Triana dan Rachma Shaumi-Roro Jofani Tunggadewi telah memastikan tempatnya di final satu sesi sebelum sesi terakhir sehingga bermain santai. Sementara Indonesia Junior yang beranggotakan Elsya-Hendrik, Scyvo-Jordy dan Thedy-Fajar yang berpeluang besar lolos karena berada di peringkat ke-2, tampil terbebani di sesi terakhir sehingga kalah telak dari peringkat pertama China.

Berikut adalah peringkat akhir tim Girls.

Ranking
Rank Team VPs Pen
1 flag Indonesia 203.54  
2 flag Shanghai Chenyi 190.81  
3 flag China Dragon Sports 172.58 0.50
4 flag Thailand 132.62 0.75
5 flag Chinese Taipei Waychein 118.43  
6 flag Chinese Taipei 2 109.17 1.25
7 flag Singapore 95.07  
8 flag Japan 90.28  

 


dan Peringkat akhir tim Juniors

Ranking
Rank Team VPs Pen
1 flag China 233.86  
2 flag Singapore 209.28  
3 flag Indonesia 206.11  
4 flag China Hong Kong 202.48  
5 flag Australia 201.41  
6 flag Chinese Taipei 188.50  
7 flag Philippines 144.95  
8 flag Japan 144.43  
9 flag Thailand 122.98

 

Kami ucapkan selamat untuk kedua tim atas keberhasilannya. Semoga tim Girls Indonesia bisa membawa pulang piala Xiang Huaicheng yang finalnya berlangsung hari ini dalam 3 segment @16 papan. Mari kita doakan dan kita saksikan di BBO mulai jam 10.30WIB

Peserta yang tidak lolos hari ini akan memainkan 2 sesi pasangan cross imp. Semua peserta Indonesia selain Girls akan ikut dalam nomor ini.

Di nomor Youngster, Indonesia Youngsters yang diwakili Djarum berakhir di peringkat enam dari tujuh peserta, sementara di nomor Kids yang diwakili tim Toar Manado berhasil meraih peringkat ke-8 dari 21 peserta dimana 7 peringkat di atas mereka semua berasal dari China yang mengirimkan 11 tim. Tim Toar Manado juga lolos ke kejuaraan dunia Kids.

 

Tim Girls Indonesia berhasil menjadi yang terbaik pada putarana pertama round robin babak penyisihan APBF Youth 2019 yang tengah berlangsung di Hotel Montien Bangkok. Pagi ini di sesi ke-7 babak kualifikasi, atau sesi terakhir putaran pertama, Girls Indonesia yang beranggotakan Fortina Sibuea-Vila Rosaa, Fransisca Trimartanti-Monica Ayu Triana dan Rachma Shaumi-Roro Jofani Tunggadewiberhasil mengalahkan Japan dengan skor 58-34imp. Dengan demikian Girls Indonesia memenangkan 6 sesi secara beruntun dan hanya kalah di sesi pertama dari China Sanghai. 

Dengan hasil luar biasa ini, Girls Indonesia untuk sementara bercokol di tangga pertama klasemen dengan raihan 107,87VP unggul lebih dari satu sesi atas peringkat dua China Dragon Sport dengan 83.21VP dan di peringkat ketiga tim China lainnya China Sanghai Chenyi dengan 82,12 VP. Mudah-mudahan Girls Indonesia terus memperlihatkan permainan yang semakin mantap sehingga lolos ke final yang hanya diikuti oleh dua peringkat teratas.

 

Berbeda dengan tim Girls, tim Junior Indonesia harus merelakan pimpinan klasemen ke Hongkong yang pagi ini kendati kalah tipis dari Australia. Indonesia yang semula berada di peringkat pertama kalah besar dari China 21-57imp sehingga terlempar ke posisi tiga. Hongkong di peringkat pertama dengan 108,70VP diikuti Australia dengan 107,83VP dan Indonesia Junior dengan 105,61VP. Team Manager dan NPC terus melakukan evaluasi agar Indonesia Junior kembali ke jalur kemenangnan. Doa pecintas bridge di seantero negeri kami nantikan.

 

Di nomor Younster, Indonesia Youngsters sementara berada di posisi ke enam dari tujuh peserta dengan raihan 52,50VP dari 7 sesi atau akhir putaran pertama. Pimpinan klasemen adalah China Hongkoong, diikuti Japan dan China. Sementara itu di nomor Kids, Kids Toar dari Indonesia sementara menduduki peringkat ke-11 dari 21 peserta. China yang mengirimkan 11 wakilnya, menempatkan 8 wakilnya di peringkat teratas, luar biasa!!! Kids memainkan swiss 14 sesi. 

Semoga semua kontingen Indonesia semuanya dalam semangat yang menyala. 

Garuda didadamu.

Event Berikutnya

No events

TAMU

Hari Ini 23

Kemaren 66

Minggu Ini 383

Bulan Ini 1775

Total 196941

Currently are 15 guests and no members online

Kubik-Rubik Joomla! Extensions