Tidak diragukan bahwa pertahanan adalah aspek yang paling sulit dari permainan bridge. Banyak pemain menjadi penawar yang memadai dengan hanya menghafal hitungan point untuk berbagai tawaran, yang lainnya menemukan bahwa menjadi deklerer menjadi mudah dengan praktek. Tapi pertahanan adalah masalah logika dan dengan demikian memisahkan orang dewasa dari anak-anak dan perempuan dari gadis-gadis.

Jika Anda seorang defender yang kuat maka hampir mustahil untuk menjadi pemain kalahan. Setidaknya setengah dari kontrak lawan 'bisa digugurkan dengan pertahanan yang baik, tetapi hal yang menyedihkan adalah bahwa sekitar delapan puluh persen kontrak terpenuhi. Kenapa?

Karena sebagian besar pemain belum punya dalam dasar bermain defensif. Anda harus mengetahui suit dan kartu untuk dimainkan yang memberikan pasangan informasi yang maksimum, kapan memberi sinyal, kapan harus memainkan pertahanan menyerang (mengambil trik Anda secepat mungkin) sebagai lawan dari pertahanan pasif (duduk dan menunggu trik Anda) dan dapat memutuskan apa sedang dilakukan declarer berdasarkan caranya bermain. Ini adalah menghalangi dan penanggulangan "jembatan". Anda tidak bisa menjadi pemain bridge yang bagus kecuali jika Anda dapat melakukan hal-hal ini dengan keterampilan yang memadai.

Kartu Pembukaan atas Kontrak Notrump

Untuk menjadi defender yang baik Anda harus memiliki beberapa tujuan. Apa saja itu?

Cek lagi dan bertanya pada diri sendiri bagaimana Anda bermain sebagai declarer. Anda mencoba untuk membuat trik anda sebelum pihak bertahan membangun trik mereka. Deklerer beruntung karena dapat melihat dummy dan biasanya dapat memberitahu suit yang akan dibangun. Namun demikian Anda hampir selalu terlibat dalam perlombaan.

Pihak bertahan, di sisi lain, tidak bisa melihat kartu masing-masing dan seringkali akan membuang-buang waktu untuk membangun suit yang salah. Namun, pihak bertahan memiliki satu keuntungan besar yang membayangi semua - mereka memiliki hak memulai permainan.

Dengan kata lain, dalam "perlombaan membangun" pihak bertahan selalu didepan, dan jika Anda konsisten membuat kartu pembuka yang benar, Anda akan termasuk salah satu pemain terbesar di dunia, meskipun Anda penawaran dan pertahanan lain mungkin hanya rata-rata.

Mengapa begitu sulit untuk membuat kartu pembuka terbaik? Kartu pembuka didasarkan pada penawaran dan pegangan Anda. Kadang-kadang penawaran membuat jelas suit yang cocok untuk lead, kali lain Anda memiliki lead yang jelas di tangan Anda sendiri, tapi sebagian besar waktu Anda akan dipaksa untuk membuat dugaan cerdas karena penawaran tidak akan memberikan banyak informasi. Mempertimbangkan dua urutan penawaran oleh lawan Anda:

Selatan Barat (anda) Utara Timur
1NT pass 3NT pass
pass pass    

dibandingkan dengan

Selatan Barat (anda) Utara Timur
1C pass 1D pass
3C pass 3D pass
3NT pass pass pass

Dalam kedua kasus Anda, sebagai Barat, harus membuat kartu pembuka. Dalam kasus pertama pasangan Anda tidak menawar dan lawan telah memberikan informasi yang sangat sedikit. Mereka mungkin memiliki kelemahan suatu tempat tapi Anda tidak yakin di mana.

Sekarang ambil kasus kedua. Selatan memiliki klub yang sangat baik dan Utara diamond yang baik. Sebagai Barat, Anda bisa menghilangkan klub atau diamond sebagai kartu pembuka mungkin karena Anda tidak ingin menyia-nyiakan kartu pembuka Anda pada suit lawan. Anda akan memilih heart atau spade sebagai kartu pembuka yang tergantung pada pegangan Anda.

Hal yang penting adalah memperhatikan penawaran. Anda harus memperhatikan penawaran, Anda tidak dapat mulai membela kecuali Anda melakukannya.

Sebagai aturan umum, declarer akan mencoba untuk membangun trik dari suit terpanjangnya, dan pertahanan mencoba melakukan hal yang sama - cara paling logis yang adalah memainkan kartu pembukanya. Itulah sebabnya, dengan tidak ada pilihan yang lain, lead pembuka dari kartu panjang. Perhatikan kata-kata kunci, "dengan tidak ada yang lain untuk pergi dengan." Namun, banyak kali Anda disediakan dengan banyak informasi: pasangan Anda mungkin memiliki tawaran, atau lawan mungkin memiliki tawaran sesuai dengan Anda terpanjang. Dalam kasus seperti itu Anda mungkin akan memilih lead yang lain.

 

Asumsikan, bahwa setelah mendengarkan penawaran Anda telah memutuskan untuk leaD suit terpanjang anda, ini sejauh ini lead paling umum terhadap notrump. Kartu yang Anda lead? Sekarang lihat pegangan anda yang duduk di Barat, Anda pegang:

♠A 8 6 5 3 ♥ J 7 4 2 ♦ T 3 ♣ 8 2

Penawaran telah berjalan satu notrump di kanan dan tiga notrump di sebelah kiri Anda. Ini adalah giliran Anda. Sekarang, jika Anda bisa mengintip ke tangan pasangan Anda dan melihat bahwa ia hanya memiliki satu spade dan lima heart Anda akan memimpin jantung karena yang cocok sisi anda dikombinasikan terpanjang. Sayangnya, aturan tidak memungkinkan ini, jadi Anda harus berasumsi, karena Anda memiliki lebih banyak spade, bahwa spade adalah gabungan suit terpanjang. Jadi Anda akan lead spade, tetapi spade yang mana?

Biasanya, ketika lead suit yang memiliki empat atau lebih kartu Anda lead kartu keempat tertinggi Anda. Keempat tertinggi berarti mulai di bagian atas dan menghitung mundur empat tempat. Dalam hal ini keempat spade tertinggi Anda adalah angka lima spade. Jangan membuat kesalahan dengan dimulai di bagian bawah dan menghitung ke atas. Mulai dari atas dan menghitung mundur.

Ini cukup sederhana, bukan? Tangkapan yang mengasyikkan. Hasil tangkapan yang pertama adalah suit Anda mungkin memiliki tiga kartu berurutan. Sebagai contoh, Q J 10 4 2.

Setiap kali Anda memegang suatu suit tiga kartu berurutan atau lebih Anda selalu lead dari urutan teratas. Aturan urutan lebih diutamakan daripada aturan tertinggi keempat.

 

Jika kartu ketiga (kartu terendah) di urutan tiga ada kartu yang hilang (misalnya, Q J 9 2), masih dianggap berurutan dan leadlah sang ratu (Queen). Namun, jika kartu ketiga lebih dari satu angka (misalnya, Q J 8 2), Anda kembali ke aturan keempat terbaik dan lead angka tersebut.

 

Ringkasnya, aturan untuk LEAD dari kartu empat atau lebih dari satu suit adalah: Lead tertinggi keempat kecuali suitnya berurutan; jika demikian lead urutan atas sebagai gantinya.

 

Kartu apa yang akan Anda lead dari masing-masing kombinasi berikut?

(a) K J 7 6 5

(b) A 8 7 2

(c) K Q J 2

(d) K Q J 10 2

(e) K Q 10 8 5

(f) K Q 8 4 3 2

(g) J 10 7 6 4

(h) Q J 8 7 3 2

(i) J 10 8 5 3 Solutions (a) Angka 6. Tertinggi keempat. (b) Angka 2. Tertinggi keempat. (c) King. Tertinggi dari urutan. (d) King. Tertinggi dari urutan. (e) King. Tertinggi dari urutan. (kartu ketiga hilang satu angka). (f) Angka 4. Tertinggi keempat. (Anda harus punya 3 kartu berurutan jika lead yang paling tinggi). (g) Angka 6. Tertinggi keempat. (h) Angka 7. Tertinggi keempat. (i) Jack. Tertinggi dari urutan.

Aturan-aturan ini berlaku untuk kartu pembuka saja. Akal sehat mendikte Anda bermain setelah Anda melihat dummy. Misalnya, jika dummy berisi ace singleton dan Anda memiliki KQ 10 6 dalam suit itu, Anda harus lead enam dan bukan King.

Event Berikutnya

No events

TAMU

Hari Ini 14

Kemaren 51

Minggu Ini 14

Bulan Ini 1579

Total 280832

Currently are 8 guests and no members online

Kubik-Rubik Joomla! Extensions